Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dari : CPC, CPM, dan CPA Untuk Iklan Website Atau Blog

Nyikunyit.com –  Hallo manusia internet, apa kabar? Semoga baik. Artikel kali ini tentang pengertian CPC, CPM, dan CPA dalam iklan di website atau blog. Kita akan membahss ini dikarenakan banyak sekali teman-teman blogger baru, atau yang baru terjun ke dunia blogger dan menulis menanyakan soal pengertian cpc, cpm, dan cpa.

Pengertian Dari : CPC, CPM, dan CPA Untuk Iklan Website Atau Blog

Ada banyak sekali platform atau situs yang menyediakan jenis-jenis iklan yang di tawarkan dengan beragam jenis ada yang cpa, cpc, dan cpm. Selain jenis iklan itu ada juga yang berbentuk content placement atau guest post untuk blog atau website. Untuk lebih lanjut mari kita bahas.

Pengertian CPM (Cost Per Mille)

Apa itu CPM? Pengertian CPM adalah singkatan dari Cost Per Mille. Disebut juga Cost Per Impression, Cost Per Thousand, atau Biaya Per Seribu (BPS).

Jadi, CPM adalah istilah pemasaran atau periklanan online yang digunakan untuk menunjukkan harga 1.000 tayangan iklan pada satu halaman web atau blog.

Dan jika penerbit situs web mengenakan biaya CPM $5,00, itu berarti pengiklan harus membayar $5,00 untuk setiap 1.000 tayangan iklannya. Huruf "M" dalam CPM mewakili kata "mille", yang merupakan bahasa Latin untuk "ribuan" jadi perseribu tayang harus membayar sesuai dengan ketentuan yang sudah di berikan oleh pihak pengelola web atau blog. Tentunya dengan niche blog yang sesuai atau niche blog yang sedang trend tahun ini.

Jumlah tayangan adalah metrik yang menghitung jumlah tampilan iklan atau keterlibatan pemirsa yang diterima oleh iklan.

Untuk kerugian menggunakan CPM termasuk salah menghitung tayangan karena tampilan duplikat, iklan yang gagal dimuat, dan penipuan iklan.

Pengertian CPC (Cost Per Click)

Apa itu CPC? Pengertian CPC adalah singkatan dari Cost Per Click atau Biaya Per Klik (BPK). Istilah ini mirip Pay Per Click (PPC).

Namun CPC adalah model pendapatan iklan online yang digunakan situs web untuk menagih pengiklan berdasarkan berapa kali pengunjung mengklik iklan bergambar yang dilampirkan ke situs web atau blog mereka.

Dalam model PPC, situs web atau blog ini menagih pengiklan berdasarkan biaya per klik yang merupakan model pendapatan iklan online. Pengiklan membayar berdasarkan jumlah klik dari pengunjung. Ada pengertiaan podcast dan contohnya yang bisa kamu baca juga.

Penerbit konten sering menggunakan perusahaan pihak ketiga untuk membuat kecocokan dengan pengiklan. Tak bisa di pungkiri lagi platform Google AdSense adalah salah satu yang terbesar dari jenisnya.

Bagi penayang iklan Google di website atau blognya, makin banyak AdSense yang diklik, makin banyak pula komisi dari AdSense yang di berikan ke  pihak pemilik website atau blog.

Pengertian CPA (Cost Per Acquisition/Action)

Apa itu CPA? Pengertian CPA adalah singkatan dari Cost Per Acquisition atau Cost Per Action. Bahasa Indonesianya: Biaya Per Akuisisi (BPA).

Dan CPA adalah di mana pengiklan hanya membayar setiap kali pengunjung situs web melakukan pembelian setelah mengklik iklan yang di tawarkan. Biasanya berjenis affiliate berupa produk, E-book, ataupun yang lainnya. Bisa juga dalam bentuk jualan template blog dari mas sugeng yang bisa kamu coba.

Untuk Biaya Per Akuisisi adalah metrik pemasaran yang mengukur biaya agregat untuk memperoleh satu pelanggan yang membayar pada tingkat kampanye atau saluran yang di tawarkan.

CPA bentuk ukuran penting keberhasilan pemasaran, umumnya dibedakan dari Cost of Acquiring Customer (CAC) dengan aplikasi granularnya.

CPA rata-rata dihitung dengan membagi total biaya konversi dengan jumlah total konversi. Misalnya, jika iklan Anda menerima 2 konversi, satu seharga $4,00 dan satunya lagi seharga $6,00, BPA rata-rata Anda untuk konversi tersebut adalah $5,00.

Nah, Itu dia pengertian dari CPM,CPC, dan CPA untuk website atau blog. Mungkin  Iklan adalah sumber utama pendapatan blogger dan situs berita, sebagaimana media pada umumnya. Karena dari situlah income yang meraka dapat. Semoga bermanfa’at dan sampai jumpa pada artikel berikutnya, semoga.