Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Podcast dan Pengertianya, Radio Di Era Internet

pengertian tentang podcast dan contohnya
Nyikunyit.com –  Kita semua tahu di tahun 2020, memang menjadi tahun yang sangat membingungkan, dimulai dari hujan lebat yang sampai membanjiri sebagian kota besar di Indonesia hingga who mengumumkan tentang  adanya pandemi yang disebabkan oleh virus. Sehingga banyak sekali rutinitas yang harus dihentikan sejenak, perusahan banyak tidak bisa beroprasi lagi, hingga sekolahpun harus diliburkan sementara sampai pandemic covid-19 ini usai.

Selama kita #DiRumahAja, ada banyak sekali rutinitas yang bisa kita lakukan agar tidak bosan. Mendengarkan sebuah podcast dari beberapa kalangan sebagian orang contohnya. Banyak sekali aplikasi dan situs yang menyediakan berbagai macam podcast, apa saja?

Contoh Aplikasi Untuk Mendengarkan Podcast

Untuk mengakses podcast, saat ini sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast, seperti Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, dan Soundcloud. Itu tadi deretan aplikasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi podcast, yang bisa kamu denggarkan dan nikmati selama dirumah aja biar gak bosan. Semua aplikasi itu sudah pernah di bahas di aplikasi podcast terbaik dengan berbagai macam konten.

Pengertian Podcast

Semakin banyak pendengar, Apa itu Pod? Pod itu juga singkatan dari “Playable on Demand” –dapat dimainkan, diputar, dan didengarkan sesuai permintaan. Jadi, podcast itu secara bahasa artinya siaran yang dapat didengarkan semaunya pendengar. Bisa kalian ulang, unduh dan bagikan ke berbagai macam platform. Dari berbagai sumber juga menjelaskan tentang podcast yang menarik, apa saja mari kita kupas:

1. Podcasthero.com

Menurut podcasthero.com, Kata podcast adalah neologisme dan portmanteau yang berasal dari “broadcast” (siaran) dan “pod” dari keberhasilan iPod, karena podcast audio sering didengarkan secara onportable.
The word podcast is a neologism and portmanteau derived from “broadcast” and “pod” from the success of the iPod, as audio podcasts are often listened to onportable .

2. Merriam-Webster

Dari merriam-webster menjelaskan tentang definisi podcast adalah – program (seperti musik atau pembicaraan) yang tersedia dalam format digital untuk pengunduhan otomatis melalui Internet.
Podcast definition is – a program (as of music or talk) made available in digital format for automatic download over the Internet.

3. Thepodcasthost.com

Sedangkan dari thepodcasthost.com, Apa itu podcast? Sederhananya: podcast adalah program audio, sama seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganannya di telepon pintar dan mendengarkannya kapan pun Anda mau.
What is a podcast? Simply put: a podcast is an audio programme, just like Talk Radio, but you subscribe to it on your smartphone and listen to it whenever you like.

4. Podcastinsights.com

Dan dari podcasttinsights.com menjelaskan, definisi kamus podcast adalah: File audio digital tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler.
The dictionary definition of a podcast is: A digital audio file made available on the Internet for downloading to a computer or mobile device.

Terus apa bedanya dengan siaran radio? Bedanya dengan siaran radio, sekali lagi podcast berupa file audio yang bisa diunduh dan didengarkan kapan saja. Diulang-ulang dimana saja juga bisa. Sedangkan radio hanya bisa didengarkan ketika siaran dan waktu yang sudah ditentukan oleh sang penyiar.

Karakteristik radio kini ada di podcast, seperti auditory, fleksibilitas, theatre of mind, sederhana, hangat, akrab, dan personal. Ada keuntungan dari sebuah podcast untuk bisnis yang bisa kamu baca dan pelajari juga.

Sebagaimana radio, podcast bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain, seperti memasak, mengemudi, dan beraktivitas lainya.

Mendengarkan podcast kapanpun dan dimanapun tanpa menggangu aktivitas harian kita
Ilustrasi mendengarkan podcast sambil beraktivitas
Berarti podcast kill radio star? Tidak juga, radio akan tetap eksis dan mengudara di kalangan masyarakat meskipun pendengarnya sedikit. Dan bahkan bisa saja, bintang penyiar radio membagikan siarnya dan menjadikan podcast, membagikanya ke berbagai macam platform untuk semakin didengar banyak orang. Sehingga bisa menciptaka audiens baru di kalangan podcast dan radio, untuk si penyiar tersebut.
Dan, untuk menjadi seorang  podcaster, kamu tidak perlu sampai harus tunggu membeli microphone dan mixer (audio console) canggih. Cukup berbekal dengan Smartphone dan software perekam suara atau pengedit suara saja. Atau cukup buka akun di Anchor atau Soundcloud!

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terkeren Di Android, yang wajib kamu coba!

Kamu bisa membuat akun di Soundcloud dan jadi podcaster di sana untuk latihan siaran berita radio. Kamu bisa menambahkan musik latar atau efek suara (sound effect) biar podcast kamu tidak monoton.  Bisa menggunakan musik pembuka dan penutup, layaknya siaran radio profesional.

Lain kali mungkin kita akan membahas bagaimana cara membuat podcast yang baik dan benar sehingga enak di dengar. Di aplikasi anchor kamu bisa rekaman edit dan langsung upload. Apalagi bila audio hp kamu bagus seperti audio iphone xs, ngomongin soal iphone xs ada cara membedakan iphone xs asli dan palsu yang bisa kamu pelajari juga.

Untuk contoh playlist podcast terbaik spotify di Indonesia, kamu bisa mencoba mendengarkan:

Daftar Podcast Terbaik Di Spotify:

1. MENDOAN dari DONOTIAN

Contoh podcast terbaik di spotify
Mendengarkan Dono dan Tian. Hanya sebuah podcast yang diadakan untuk tempat kami ngobrol, sudah. 
Kategori: Komedi

2. Menjadi Manusia dari Menjadi Manusia

menjadi-manusia-podcast-terbaik-indonesia-di-spotify

Menjadi Manusia adalah sebuah social-platform untuk mereka yang ingin berbagi & mendengar cerita-cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang, dan diharapkan mampu menjadi sebuah tangga untuk mendapatkan setitik harapan bagi mereka yang memiliki persoalan-persoalan dalam kehidupan.

3. Rapot dari RezaAnkaRadhiniAbigail Potkes

rapot-contoh-podcast-terbaik-di-spotify

Obrolan hari-hari standar, sengaja direkam untuk disebar, wkwk. Bukan bermaksud mistis, tapi #BagiRapot setiap hari Kamis.
Kategori: Komedi

4. Ceramah Agama Islam | Kajian Sunnah dari Ceramah Kajian Sunnah

podcast-ceramah-agama-islam-di-spotify

Unofficial Dakwah Sunnah dari berbagai Asatidz | Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ustadz Firanda Andirja
Kategori: Agama & Spiritualitas

Baca juga: daftar aplikasi music player terbaik di microsoft store, yang bisa dinikmati di windows 8.1 dan windows 10.

5. Podcast Bagi Horror dari Podcast Bagi Horror

podcast-horror-indonesia-di-spotify-dan-anchor

Selamat datang di Podcast Bagi Horror, akan mengudara setiap hari dengan cerita-cerita horror kiriman kalian, atau cerita dan mitos di masyarakat bakal kita bahas tuntas disini.
Kategori: Agama & Spiritualitas

6. Teman Tidur dari Dera Firmansyah

teman-tidur-podcast-terbaik-di-indonesia

Podcast temantidur dengan segudang cerita yang mengantarkan kamu ke dunia mimpi.

7. Rintik Sedu dari Rintiksedu

rintik-sedu-podcast-menarik-untuk-millennials

a friend who tell stories. why? because there are many things that must be okay
Kategori: Seni

8. Podcast Raditya Dika dari Raditya Dika

podcast-raditya-dika-tebaik-di-spotify

Podcast milik Raditya Dika dengan format talkshow. Tanpa Gimmick dan skrip, semua obrolan dengan tamu di Podcast ini mengalir apa adanya. Di-update seminggu sekali.

9. Podcast Bercanda dari Podcast Bercanda x Box2Box

podcast-bercanda-terbaik-di-indonesia-contohnya-spotify

Berbicara suka-suka tentang berbagai hal dan membahasnya dengan bercanda bersama Hersal dan Anjas. Bertukar canda.

10. Box2Box Football Podcast dari Box2BoxID

box2box-podcast-sepak-bola-indonesia-di-spotify

BOX2BOX Podcast adalah podcast sepakbola yang akan bicara apa saja soal sepakbola dari segala penjuru, dari mulai liga-liga Eropa sampai aspek non-teknis di luar lapangan. Digawangi oleh award-winning presenter, Pangeran Siahaan bersama pundit ternama Justin Lhaksana dan jurnalis kawakan Tio Prasetyo, BOX2BOX memberikan semua yang anda butuhkan soal sepakbola.
Kategori: hobi

Bagaimana?  Tertarikkah untuk menjadi seorang podcaster? Latih skill siaran kamu sekarang. Kaum yang punya cita-cita penyiar bisa coba dulu sambal mengasah skill siaranya. Selain itu kamu juga bisa merekam dan membuat playlist podcast sendiri dan membagikanya di Ancor atau Soundcloud.

Mungkin segini aja dulu contoh podcast dan pengertianya, radio di era internet. Kalau kamu punya pengetahuan lebih tentang podcast atau masalah penyiaran, boleh banget  tulis dikolom komentar dibawah. Kita berjumpa lagi pada artikel berikutnya.

Rujukan: https://www.romeltea.com/pengertian-podcast-dan-contohnya/