Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Membersihkan Cache Di Android

Cara Membersihkan Cache Di HP Android Secara lengkap

Nyikunyit.com - Hallo apa kabar kalian semua sahabat nyikunyit? Semoga baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang cara membersihkan cache pada hp android, sebelumnya pernah tidak semartphone kamu beroprasi sangat lamban atau tidak tahu penyebabnya apa?, nah bisa jadi itu penyebabnya adalah menumpuknya file cache pada smartphone kesayangan kamu.

Apa sih itu Cache?

Sebelum kita bahas cara mengatasi smartphone yang lamban atau lambat, kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Cache. Jadi, cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone kamu. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Namun, cache akan terus menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi yang kamu miliki dan situs yang dikunjungi via browser. Sebelumnya lanjut kepembahasan, sudah ada yang tau belum cara membedakan iphone xs asli dan palsu? untuk kamu yang pingin tau bisa baca juga ya.

Fungsi dan manfaat  cache untuk apa sih?

Beberapa contoh fungsi dari cache, misal pada saat aplikasi membutuhkan data yang sama, misalnya sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau bahkan browser pada smartphone tidak perlu mengunduh ulang data yang sama tersebut sehingga bisa lebih cepat menampilkan data yang diinginkan. Tapi sebelum dilanjut, ada beberapa tips menarik dalam membeli kamera mirrorles yang bisa kamu baca juga, khusus untuk pemula yang bingung dalam memilih dan membeli jenis kamera.
Cara memersihkan cache di aplikasi Android
Cara Membersihkan Cache Di Android 

Adapun manfaaatnya dari cache tersebut yaitu mempercepat akses data pada Android, meringankan kerja prosessor, menjembatani perbedaan kecepatan antara CPU dan memory utama, serta mempercepat kinerja memori. Pada dasarnya cache ini sangat bermanfaat, tapi kalau terlalu lama tidak dibersihkan, bisa menumpuk di storage kamu dan memakan banyak memori internal dan malah membuat lemot HP kamu. Berikut cara membersihkan cache di android dengan lengkap:

Cara Bersihkan Cache Pada Android

Pada bagian utama ini, jika hp Android kamu terasa lambat dan tidak mengerti apa penyebabnya, lebih baik kamu sekaligus menghapus semua cache dari segala aplikasi yang kamu miliki. Cara membersihkan cache di hp android dengan mudah ini tidaklah telalu sulit. Bagi kamu yang menggunakan perangkat OS Android 4.2 Jelly Bean dan ke atas, bisa  cobalah langkah-langkah berikut untuk membersihkan semua cache yang ada dismarphone android kamu:
  1. Buka menu Settings dan pilih Storage.
  2. Tekan informasi “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi.
  3. Tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus.

Cara Hapus Cache Pada Aplikasi

Untuk cara yang kedua ini, Jika kamu sudah mendeteksi ada masalah pada aplikasi tertentu dalam perangkat Android kesayangan  kamu, kamu dapat membersihkan cache tanpa harus menghapus cache dari aplikasi lainnya yang berjalan normal, berikut ini caranya:
  1. Pertama, masuk ke menu Setting, kemudian tekan Aplikasi terinstall atau bisa juga Apps (pada beberapa perangkat namanya Aplication Manager).
  2. Selanjutnya kalian bisa pilih aplikasi yang ingin kalian hapus data cachenya.
  3. Setelah itu kalian memilih salah satu aplikasinya, maka akan tampil beberapa informasi salah satunya adalah ukuran data cache dari aplikasi tersebut. Untuk menghapus cachenya silahkan kalian tekan Hapus Cache.
  4. Kalian bisa ulangi langkah diatas pada aplikasi lain yang ingin kalian hapus data cachenya.

Kamu bisa gunakan cara membersihkan cache pada hp android dengan tutorial diatas ataupun bisa memilih menggunakan cara menghapus cache pada aplikasi, sesuai dengan keinginan masing-masing. Sebelum mengakhiri fitur whatsapp terbaru ini wajib kamu tahu dan kamu baca, sebelum menutup artikel ini.

Oke segini aja dulu informasi 2 Cara Membersihkan Cache di Android  yang bisa sahabat nyikunyit bagikan ke kalian semua. Bila kalian suka dengan artikel ini, bisa kalian share (bagikan) artikel ini ke sosial media kalian, atau kalian punya pengetahuan yang lebih, silahkan berbagi di kolom komentar.  Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.