Tips Membeli Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Tips Membeli Kamera Canon Mirrorless untuk Pemula

Nyikunyit.com - Hobi memotret atau mengabadikan momen, untuk di simpan atau di pertontonkan ke ranah public mungkin menjadi kebiasaan sebagian orang. Tapi sebelumnya nyikunyit ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan di tahun ini.

Nah kali ini pada kesempatan kali ini kami  bakal berbagi beberapa cara membeli kamera mirrorless untuk pemula. Kamera mirrorless bisa di bilang  memang punya daya tarik tersendiri. Bisa kita lihat dari bentuknya yang ringkas, simple, dan bobotnya yang lumayan ringan, membuat para kalangan anak muda atau pehobi fotografi mulai melirik jenis kamera mirroless ini. Apalagi kemampuannya pun tak kalah bila di bandingkan dengan camera  DSLR.  Bahkan ada yang melebihi sebagian dari DSLR yang ada di pasaran tentunya. 

Tak hanya itu,  keistimewaan yang dimiliki oleh kamera mirrorless ini bahkan sanggup membuat seorang pakar fotografi sekelas Darwis Triadi pun tak tahan untuk mencobanya.

Meskipun begitu, kamu tidak boleh terburu-buru untuk membeli kamera mirrorless ini. Apalagi jika yang disasar adalah sekelas Sony Alpha A9 yang harganya lumayan lebih mahal. Membeli kamera itu kamu, kamu akan menggocek isi dompetmu seperti mengeluarkan uang untuk membeli satu buah Kawasaki Ninja 250 SE MDP, angka yang sangat fantastis sekali ya. Sebelumnya ada 2 cara download game fortnite untuk android yang bisa kamu baca juga.

Maka dari itu, ada beberapa cara untuk membeli kamera mirroless terbaik yang bisa kamu  baca dan pahami di tips-tips berikut ini, yang pastinya membuat kamu agar tidak salah beli dan hingga kecewa.
Cara membeli kamera mirroless terbaik untuk pemula

Sebagai info aja kalau, Canon mirrorless terbagi dari 2 kelompok yaitu EOS M pakai Sensor APS-C dan ada juga Canon EOS R dengan sensor Full Frame, sebagai info  kedua system tersebut memiliki mount lensa yang berbeda sehingga tidak bisa tukar-tukukaran lensa. Untuk Mirorless EOS M memakai lensa EF-M dan yang Canon EOS R Memakai RF. 

Cara Membeli Kamera Mirrorless untuk Pemula:

1. Ketahui Kebutuhan Kamu


Pada bagian ini sangat penting untuk mengetahui kebutuhan kamu, misalnya kamu hanya butuh untuk sekadar untuk memotret aktivitas sehari-hari atau kamu memang punya niat memperdalam ilmu fotografi.

Dengan begitu, nantinya akan menentukan jenis kamera mirrorless apa yang akan kamu beli. Misal, jika memang kamu ingin memperdalam dan meningkatkan kemampuan fotografi, maka carilah kamera mirrorless dengan kemampuan middle-end ke atas. Melihat harganya mungkin bakal bikin tabungan kamu terkuras habis. Tapi kamu pasti akan lebih puas dengan pengalaman yang didapat saat menggunakan kamera mirrorless tersebut. Kenapa? Karena kamera mirrorless seperti ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa membantu kamu menjadi fotografer handal.

2. Pilih Kamera Mirrorless dengan Lensa Kit

Selanjutnya, Pilihlah kamera mirrolles dengan lensa kit. Kenapa? Setidaknya Kamu tidak akan dibuat bingung mencari lensa yang tepat sebagai pasangan bagi kamera mirrorless terbaik yang ingin dibeli. Ada berbagai macam untuk ukuran jenis lensa yang disediakan sebagai bagian dari kamera saat dibeli. Biasanya itu punya cakupan luas seperti 50-85 atau 50-135. Lensa ini sudah mampu memenuhi kebutuhan kamu sebagai seorang pemula.

Beda halnya dengan kamu yang sudah lebih paham akan dunia fotografi. Ada baiknya kamu membeli kamera mirrorless secara body only. Karena mereka yang sudah bergelut di dunia fotografi umumnya sudah memiliki kamera dan lensa yang lain.

3. Perhatikan Jenis Fitur

Pastikan Kamu mengetahui berbagai fitur-fitur yang disediakan kamera mirrorless yang akan dibeli. Beberapa Jenis fitur yang wajib kamu kenali secara umum adalah:

  • sensor yang dimiliki
  • kemampuan shutter speed
  • kecepatan autofokus
  • range ISO yang lebar

Untuk sensor yang dimiliki oleh sebuah kamera akan menentukan besaran foto yang bisa diambil oleh kamera tersebut. Untuk shutter speed minimal 1/30 yang merupakan batas paling rendah untuk memotret objek bergerak. Selain fitur wajib, ada juga sejumlah fitur tambahan seperti koneksi Wifi, aplikasi, atau LCD yang bisa dilipat. Beberapa fitur ini bisa membantu kamu  dalam mengoprasikan kamera, tapi kamu bisa mengabaikan bila tidak menggunakanya.

4. Perhatikan Kualitas Video

Jangan lupa untuk memperhatikan Kualitas Video, seperti halnya kamera DSLR, sebuah kamera mirrorless terbaik pun harus mampu merekam video dengan kualitas tinggi. Setidaknya bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080.

Ditambah lagi kita sekarang sedang berada di era social media yang bisa berbagi cerita berbentuk video ke ranah public atau jagat maya internet, ya bisa di bilang semacam youtuber dengan konten video blogger (vlogger) pada umumnya. Keberadaan kamera mirrorless sangat membantu aktivitas para vlogger. Karena kamera ini lebih mudah dioperasikan dan ringan saat dibawa.

Keberadaan kamera mirrorless ini sangat membantu aktivitas para vlogger. Karena kamera ini lebih mudah dioperasikan, simple, dan ringan saat dibawa kemana-mana.
7 Cara Membeli Kamera Canon Mirrorless untuk Pemula

5. Dapatkan Garansi Resmi

Untuk kamera mirrorless yang kamu beli harus dilengkapi dengan kartu garansi. Ini sangat akan menjadi jaminan bahwa kamera mirrorless yang dibeli bukanlah produk abal-abal atau barang yang tidak jelas arah berantahnya.

Bukan hanya itu, garansi akan membantu kamu juga ketika kamera mengalami masalah misalnya rusak secar tiba-tiba. Biasanya garansi diberikan selama satu tahun jadi cukup aman penggunaanya selama setahun. Biasanya untuk beberapa merek ternama, ada yang memberi opsi garansi tambahan dengan membayar dalam jumlah tertentu.

6. Membaca Dan Mencari Ulasan

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah kamera mirrorless, sebaiknya membaca dulu ulasan (review) produk tersebut yang banyak tersebar di dunia maya bisa mengecek di berbagai marketplace, liat reviewnya di youtube, atau riset di google pun juga bisa.

Dan bila memungkinkan, bacalah juga ulasan yang ditulis oleh pemakai, karena biasanya akan menceritakan apa adanya dari kamera tersebut. Berbeda dengan ulasan dari produsen yang selalu menceritakan soal kelebihan dari kamera tersebut. Membaca ulasan atau bertanya kepada teman yang punya pengalaman memakai kamera yang sejenis akan memberi kamu sedikit gambaran yang persis soal kamera mirrorless terbaik yang kamu butuhkan saat ini.

7.  Sesuaikan Budget Kamu

Pastikan kamu menyiapkan budget yang sesuai dengan harga jual kamera yang diinginkan. Kalau memang saat ini dana yang terkumpul belum mencukupi,kamu bisa menambahnya dengan menyisihkan dari pendapatan atau menabung dalam waktu dekat ini.

Tapi bila kamu sudah tidak sabar, kamu bisa juga membeli dengan cara mencicil, seperti yang banyak disediakan oleh sejumlah lembaga keuangan atau kriditan. Dan usahakan kamu bisa selalu membayar cicilan tepat waktu yang sudah ditentukan oleh kedua pihak. Tapi sebelum melakuakan cicilan tersebut ada baiknya kamu pikirkan benar-benar, oke. Ada artikel cara save instagram stories akun orang lain yang bisa di nikmati juga.

Ditutup

Jadi kesimpulanya adalah kamu bisa menggunakan tips membeli kamera mirrorless untuk pemula berawal dari mengetahui kebutuhan kamu, mencoba memilih kamera mirrorless dengan Lensa Kit. Dan memerhatikan jenis fitur yang ada pada kamera tersebut. Hingga memperhatikan kualitas videonya juga dan mendapatkan garansi resminya. Membaca dan mencari ulasan dan perhatikan budget kamu yang akan dikeluarkan itu jauh lebih penting.

Mungkin segini aja dulu, bila kamu suka dengan artikel ini bisa bantu share (bagikan) artikel ini ke sosial media kamu, atau bila kamu punya cara sendiri tentang tips membeli kamera mirrorless untuk pemula, silahkan berbagi di kolom komentar. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Tips Membeli Kamera Mirrorless Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel