Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tetap Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

Cara Tetap Produktif Selama Bulan Suci Ramadhan

Nyikunyit.com - Selama bulan ramadhan di masa pandemi Covid 19, dan diterapkannya Work from Home (WFH) atau himbauan pemerintah untuk kita tetap stay at home (tinggal dirumah aja), membuat kita jadi mati rasa ehh.. maksudnya mati gaya. Sampai saat ini sudah berapa banyak jenis gaya rebahan yang kamu lakukan? Kalo cuma rebahan aja sih kayanya kurang menyenangkan ya saat dirumah aja untuk saat ini. Nah, pada kesempatan kali ini nyikunyit bakal memberikan sedikit tips untuk kamu yang mau tetap produktif meski dirumah aja, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan dengan Hp guys. bisa dijamin sangat seru untuk dicoba!

5 Tips Agar Tetap Produktif Selama Bulan Puasa.

Selain cuma rebahan aja juga sangat penting untuk tetap aktif selama menjalani ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Kamu juga bisa mencoba lima tips agar tetap produktif selama bulan puasa dibawah ini yang bisa menambah aktivitas kamu, selama bulan puasa ini menjadi menyenangkan:

1. Coba resep makanan baru untuk berbuka puasa.

Coba resep makanan baru untuk berbuka puasa

Di bulan Ramadhan ini, untuk kamu yang cewe bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan di dapur sambil menyiapkan menu untuk bersahur dan berbuka puasa. Agar lebih terasa menyenangkan, saat berada di dapur dan mencoba resep-resep masakan ada baiknya kamu mencoba untuk mengikuti berberapa kelas online memasak, atau sekedar menonton video tutorial di youtube melalui smartphone kamu misalnya. Dengan begitu ilmu memasak kamu akan lebih banyak dan bisa menyenangkan dirimu sendiri.

2. Meskipun berjarak, silaturahmi  harus tetap jalan.

Meskipun berjarak, silaturahmi  harus tetap jalan

Silaturahmi itu penting, meskipun ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kita tidak bisa bertemu dengan keluarga, dan teman-teman, terutama yang posisinya jauh dari rumah, tapi tetaplah mencoba untuk menjalin silaturahmi bisa melalui telpon, sekedar sms, atau berinteraksi melalui media sosial. Meskipun berjarak, salah satu cara agar komunikasi tetap terjaga adalah dengan selalu aktif menanyakan kabar melalui panggilan video atau kirim foto selfie terbaik di berbagai momen bahkan saat sahur sekalipun.

3. Mengasah kemampuan fotografi.

Mengasah kemampuan fotografi

Selama bulan Ramadhan dan tetap dirumah aja, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas produktif seperti fotografi. Kamu bisa mencoba-coba untuk memperdalam ilmu fotografi menggunakan smartphone yang kamu miliki saat ini, sebagai pengganti bila tidak memiliki camera dslr atau mirroles lainnya. Selain itu kamu bisa mencoba mengambil spot-spot unik misalnya bagian kamar, bagian dapur, tumpukan buku, atau yang lainnya. Atau menggunakan objek-objek sederhana yang tersedia sebagai properti dan memanfaatkan pencahayaan alami dari jendela rumah.

4. Unduh aplikasi yang berfaedah.

Unduh aplikasi yang berfaedah

Bulan suci ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk kita menambah pahala, antara lain dengan memperdalam ibadah. Atau kamu juga bisa mengikuti konten-konten khusus Ramadan dengan bantuan berbagai aplikasi, misalnya Muslim Pro, Muslim Go, Umma, Panduan Muslim,  maupun melalui online book yang bisa di unduh melalui smartphone. Selain bisa menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat kamu juga akan menambah ilmu pengetahuan. 

Ngomongin soal aplikasi ada lima aplikasi edit foto terbaik untuk android dan aplikasi music player terbaik di microsoft store yang lagi ramai di perbincangkan di jagat maya, khusnya kaum milenial.

5. Mendengarkan Podcast saat beraktivitas.

Mendengarkan Podcast saat beraktivitas

Selain hanya music yang bisa menghibur kamu di tengah pandemic covid 19 ini, kamu juga bisa mendengarkan beberapa podcast yang tersedia di berbagi platform contohnya spotify dan masih banyak lagi.

Dengan ini bisa melatih kepekaan kamu dalam berimajinasi di saat mendengarkan podcast selagi beraktivitas misalnya menyapu, atau yang lainya. Kamu juga bisa memilih berbagai siaran podcast misalnya ceramah, atau hiburan komedi yang dimana itu bisa membantu aktivitasmu salama dirumah aja.  Ada aplikasi podcast terbaik dengan berbagai macam konten yang bisa kamu nikmati juga.

Dan itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif saat di bulan suci ramadhan ini, kamu bisa mencoba resep makanan baru untuk saur dan berbuka puasa. Hingga silaturahmi  harus tetap jalan, meskipun berjarak. Kamu juga bisa mengasah kemampuan fotografi saat dirumah aja, dan mencoba  untuk unduh aplikasi yang berfaedah di smartpohone kesayangan kamu, sembari mendengarkan podcast saat beraktivitas agar makin produktif.

Bagaimana tertarikkah kamu mencobanya?
Jika semakin kreatif kamu, maka akan semakin memuaskan juga aktivitas yang kamu lakukan.

Mungkin segini aja dulu, bila kamu suka dengan artikel ini bisa bantu share (bagikan) artikel ini ke sosial media kamu, atau bila kamu punya cara sendiri tentang cara tetap produktif selama bulan ramadhan, silahkan berbagi di kolom komentar. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.